Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 1 PEKANBARU

ANNISA THOYYIBAH JADE, - (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Thoyyibah Jade, (2023) : Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Di MAN 1 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran small group discussion terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MAN 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 128 siswa. Sampel penelitian berjumlah 66 siswa, peneliti menggunakan 2 kelas, XI IPS Multimedia sebagai kelas Eksperimen, dan XI IPS Riset sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T Test dan uji Cohen Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran small group discussion terhadap keaktifan belajar siswa di MAN 1 Pekanbaru, diperoleh t_hitung > t_(tabel )(10.455 > 1.998), dengan perbedaan nilai rata-rata (mean) kelas eksperimen sebesar 28,15, sedangkan kelas kontrol sebesar 20,03. Pengaruh yang diberikan tinggi dengan nilai 1.85. Dan terdapat pengaruh strategi pembelajaran small group discussion terhadap hasil belajar siswa di MAN 1 Pekanbaru, diperoleh t_hitung > t_(tabel )(4.390 > 1.998), dengan nilai rata-rata (mean) kelas eksperimen sebesar 82.8, sedangkan kelas kontrol sebesar 75.4. pengaruh yang diberikan tinggi dengan nilai 1.10. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Small Group Discussion, Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Fikih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:34
Last Modified: 12 Jul 2023 02:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72831

Actions (login required)

View Item View Item