LINDA SARI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN OLAHRAGA PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Linda Sari, (2023): Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN Olahraga Provinsi Riau. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN Olahraga Provinsi Riau. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X jurusan IPA, sementara yang menjadi objeknya adalah penggunaan model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN Olahraga Provinsi Riau. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa jurusan IPA kelas X sebanyak 46 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi (sampel jenuh). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Quantum Learning di SMAN Olahraga Provinsi Riau tergolong baik dengan rata rata presentase 80,28 % dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN Olahraga Provinsi Riau tergolong baik dengan rata-rata presentase 79,59 %. Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN Olahraga Provinsi Riau yang ditunjukkan dengan nilai rxy = 0,774 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (0,297< 0,774 > 0,384) dengan besar pengaruhnya 60 % yang diperoleh dari uji determinasi. Besar pengaruh tersebut tergolong dalam kategori tinggi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Quantum Learning, Hasil belajar siswa, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:28 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72612 |
Actions (login required)
View Item |