GUSTIA ERVIANA, - (2023) PENERAPAN TATA TERTIB DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA TERTIB PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AN NAJAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (700kB) |
||
|
Text
SKRIPSI GUSTIA ERVIANA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Gustia Erviana, (2023) : Penerapan Tata Tertib Dalam Mewujudkan Budaya Tertib Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah An Najah Pekanbaru Penelitian ini mengkaji tentang Penerapan Tata Tertib dalam Mewujudkan Budaya Tertib di Madrasah Tsanawiyah An Najah Pekanbaru. Ada empat pertanyaan yang dijadikan sebagai rumusan masalah, yaitu: 1) bagaimana proses perumusan tata tertib oleh kepala madrasah, 2) bagaimana penerapan tata tertib, 3) apasajakah faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi penerapan tata tertib dalam mewujudkan budaya tertib. Jenis dan pendekatan penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan informan penelitian yang terdiri dari kepala madrasah, waka kesiswaan, guru BK, wali kelas dan ketua osim. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara bebas terpimpin dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, setelah itu dilakukan penyajian data dan penarikkan kesimpulan atau verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara trigulasi yang terdiri atas trigulasi sumber, trigulasi teknik, trigulasi waktu dan trigulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata tertib madrasah maupun tata tertib yang baru yaitu ramah anak dirumuskan berdasarkan konsep tata tertib yang sudah ada di buku pedoman kemudian dimusyawarahkan bersama kepala madrasah dan warga madrasah yang terlibat secara langsung dalam merumuskan tata tertib. Sedangkan dalam penerapannya sudah terlihat dari adanya pembiasaan, pembinaan dan komunikasi yang dilakukan oleh guru BK dan wali kelas untuk membimbing peserta didik mengikuti kegiatan madrasah dengan tertib. Pada penerapannya terdapat faktor pendukung dalam mewujudkan budaya tertib di madrasah yaitu dari kerjasama madrasah dengan orang tua serta masyarakat sedangkan faktor penghambat terlihat dari kurang kesadaran diri peserta didi, orang tua, teman sebaya, lingkungan dan perekonomian. Berdasarkan hasil penelitian ini ada beberapa saran yang diperlukan untuk meningkatkan penerapan tata tertib dalam mewujudkan budaya tertib yaitu kepala madrasah, warga madrasah tetap mempertahankan budaya yang sudah ada. Kepala madrasah lebih inovatif dan menjaga budaya hidup tertib yang nyaman untuk peningkatan prestasi peserta didik. Kepada peserta didik agar terus mematuhi tata tertib guna menghindari perilaku yang tidak diinginkan. Kata Kunci : Penerapan, Tata Tertib, Budaya Tertib
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 01:05 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 01:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72494 |
Actions (login required)
View Item |