Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENGEMBANGKAN BUKU AJAR BAHASA ARAB (TERAMPIL DALAM KOSAKATA) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS SATU SD AS-SHOFA TEMBILAHAN RIAU

FEBRIANSYAH HARMA, - (2023) MENGEMBANGKAN BUKU AJAR BAHASA ARAB (TERAMPIL DALAM KOSAKATA) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS SATU SD AS-SHOFA TEMBILAHAN RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TESIS FEBRIANSYAH HARMA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK FEBRIANSYAH HARMA (2023): MENGEMBANGKAN BUKU AJAR BAHASA ARAB (TERAMPIL DALAM KOSAKATA) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS SATU SD AS-SHOFA TEMBILAHAN RIAU SD IT As-Shofa Tembilahan Riau , merupakan salah satu sekolah yang menjadikan pengajaran bahasa Arab sebagai mata pelajaran muatan lokal yang diminati dalam kurikulum sekolah. Pengajaran bahasa Arab di sekolah ini bertujuan agar siswa mampu memahami kosa kata bahasa Arab sehari-hari dan mencoba berkomunikasi dengan mereka. Namun kenyataannya dalam pengajaran bahasa Arab tidak memenuhi tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu, peneliti berupaya mendesain buku pendidikan bahasa Arab berbasis pembelajaran kontekstual. Peneliti menggunakan pendekatan tersebut karena fokus pendekatan efisiensi komunikasi ini efektif dan praktis, dan materinya disesuaikan dengan kehidupan siswa sehingga mereka memahami apa yang mereka pelajari. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana merancang alat gambar berdasarkan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman kosa kata untuk siswa kelas satu di SD Al-Safa Tembilahan Riau. 2) Mengetahui dan menganalisis validitas sarana gambar berdasarkan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman kosa kata siswa kelas satu di SD Al-Safa Tembilahan Riau. 3) Mengetahui dan menganalisis keefektifan sarana gambar berdasarkan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman kosa kata siswa kelas satu di SD Al-Safa Tembilahan Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, dan metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes. Dalam analisis data kualitatif, peneliti menggunakan kode Skala Likert, dan untuk data kuantitatif, peneliti menggunakan kode Paired Sample t-Test menggunakan SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) desain buku ajar ini terdiri dari pemusatan materi pada kegiatan sehari-hari siswa dan budaya lokal, serta pemusatan pengajaran bahasa berdasarkan pendekatan kontekstual yang menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. 2) Validitas buku ini sangat baik dengan skor %5% untuk materi dan %7% untuk desain. 3) Adapun efektivitasnya, peneliti menemukan bahwa hasil sig. (2-Tailed) adalah (00000) lebih kecil dari t-tabel signifikansi standar 59 = (0005). Artinya desain buku ajar bahasa Arab efektif untuk meningkatkan efisiensi siswa kelas I di SD IT As-Shofa Tembilahan Riau. Kata Kunci: Buku Ajar, Pembelajaran Bahasa Arab, Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 02 Aug 2024 00:44
Last Modified: 02 Aug 2024 00:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72369

Actions (login required)

View Item View Item