SRI DEWI WAHYUNI KOTO, - (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYAH DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN BOARD RACE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL YAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI SRI DEWI WAHYUNI KOTO.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sri Dewi Wahyuni Koto, (2023) : Efektivitas Penerapan Metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan Menggunakan Permainan Board Race untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Yaqin Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, yang terdiri dari dua variabel yaitu metode Sam’iyah Syafawiyah dengan permainan Board Race (X) dan Penguasaan Mufrodat (Y) di Madrasah Tsanawiyah Nurul Yaqin Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode syam’iyah syafawiyah dengan menggunakan permainan Board Race untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Yaqin Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode sam’iyah syafawiyah dengan menggunakan permainan balap papan efektif untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Yaqin Pekanbaru ?. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B Madrasah Tsanawiyah Nurul Yaqin Pekanbaru, objek penelitian ini adalah efektivitas penerapan metode sam’iyah syafawiyah dengan menggunakan permainan board race untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Yaqin Pekanbaru. Penelitian ini penelitian populasi dan tidak menggunakan sampel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Yaqin Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023, dengan siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebegai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, tes, dan dokumentasi. Dari analisis yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan yang signifikan penguasaan mufrodat siswa pada pembelajaran bahasa arab antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah menggunakan metode sam’iyah syafawiyah menggunakan permainan board race. Hal ini dibuktikan menggunakan rumus Thitung diperoleh Thitung (7,581) > Ttabel 5% (2,018) dan Ttabel 1% (2,698) atau P value (0,000) < 0,05 dan 0,01 . Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat keefektifan yang signifikan penguasaan mufrodat siswa pada pembelajaran bahasa arab antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah menggunakan metode sam’iyah syafawiyah menggunakan permainan Board Race. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Sami’yah Syafawiyah, Permainan Balap Papan, Penguasaan Mufrodat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 05:02 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 05:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72317 |
Actions (login required)
View Item |