Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Stres Akademik dengan Motivasi Dan Kemandirian Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) Se-Pekanbaru ".

Mursal, - (2023) Hubungan Stres Akademik dengan Motivasi Dan Kemandirian Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) Se-Pekanbaru ". Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mursal, 34090412499 (2023): " Hubungan Stres Akademik dengan Motivasi Dan Kemandirian Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) Se-Pekanbaru ". Stres adalah hubungan antara individu dengan lingkungannya yang dievaluasi oleh seseorang sebagai tuntutan atau ketidakmampuan dalam mengahadapi situasi yang membahayakan atau mengancam kesehatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguji a), apakah ada hubungan stress akademik dengan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Se Pekanbaru . b), apakah ada ada hubungan stress akademik dengan kemandirian belajar sisiwa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se Pekanbaru. c), apakah ada hubungan stres akademik dengan motivasi dan kemandirian belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se Pekanbaru. d), Faktor faktor yang mempengaruhi stres akademik, motivasi dan kemandirian siswa di Madrasah Aliyah Se Kota Pekanbaru Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. dengan teknik studi korelasi. Teknik ini bertujuan untuk mengetahu ada tidaknya hubungan antara variable X dengan variable Y. Adapapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri se Kota Pekanbaru yang berjumlah sedangkan objek penelitian adalah hubungan stres akdemik terhadap motivasi dan kemandirian belajar di Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) Se Pekanbaru. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik korelasi pearson’s product moment. Adapun hasil penelitian ini adalah Adpun hubungan antara stress akademik dengan motivasi belajar siswa MAN Se Pekanbaru dapat ditetapkan untuk penelitian ini adalah 0,05. Ini artinya terdapat hubungan yang signifikan antara stress akademik dengan motivasi belajar siswa di MAN se kota Pekanbaru. Besarnya nilai hubungan kedua variabel ini yaitu 0,796 atau 79,6%,.Adapun hubungan antara stress akademik dan kemandirian belajar dapat dilihat Besarnya nilai hubungan kedua variabel adalah 0,695 atau 69,5%.Adapun hubungan stres akademik dengan motivasi dan kemandirian belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se Pekanbaru. dapat dilihat dari hubungan antara variabel dependent dan independent variabel, hal ini telihat dari silai Sig F Change yang lebih kecil dari nilai 0,05 yaitu sebesar 0,000. Maka dari sini dapat disimpulkan bahwa tolak Ho dan terima Ha. Besarnya hubungan antara variabel dependent dan variabel independent adalah 0,824 atau 82,4%. Sedangkan kontribusi variabel motivasi belajar dan variabel kemandirian belajar sebesar 0,679 atau 67,9%, sisanya 32,1% ditentukan oleh variabel lainnya. Kata Kunci, Hubungan, Stres akademik, Motivasi, Kemandirian, Belajar.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:54
Last Modified: 20 May 2024 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72291

Actions (login required)

View Item View Item