UMI YANI, - (2023) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA AL-HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Umi Yani (2023): Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Al-Huda Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi kelas XI SMA Al-Huda Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana .Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS sebanyak 53 orang. sedangkan objeknya adalah pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rhitung>rtabel pada taraf signifikan 5% (0,656> 0,271) dan 1% (0,656> 0,351), ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi kelas XI SMA Al-Huda Pekanbaru. Besar presentase pengaruh lingkungan sekolah sebesar 43,1% atau variabel antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa mampu menjelaskan sebesar 43,1% sedangkan sisanya sebesar 56,9% dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktorfaktor yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 07:41 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 07:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72191 |
Actions (login required)
View Item |