Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEER TEACHING METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VI DI SD MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU

NADIA ADILLAH HARPIZON, - (2023) PENERAPAN PEER TEACHING METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VI DI SD MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NADIA ADILLAH HARPIZON.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nadia Adillah Harpizon, (2023): Penerapan Peer Teaching Method untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VI di SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan peer teaching method di kelas VI SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas VI.C SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 19 orang siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah peer teaching method dan kemampuan mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan mengemukakan pendapat siswa sebelum tindakan diperoleh hasil dengan persentase 51,05% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan peer teaching method pada siklus I, kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat menjadi 65,66% namun masih berada pada kategori kurang. Pada siklus II meningkat menjadi 84,08% berada pada kategori baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan peer teaching method dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VI di SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Kata Kunci : Kemampuan Mengemukakan Pendapat, Peer Teaching Method

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:00
Last Modified: 27 Jun 2023 01:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72114

Actions (login required)

View Item View Item