Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS HANDAYANI PEKANBARU

ALYA MARDATILLAH. B, - (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS HANDAYANI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Alya Mardatillah. B, (2023): Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Handayani Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Handayani Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Handayani Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan Pre Experimental Design dengan rancangan penelitian Intact Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Handayani Pekanbaru yang berjumlah 65 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPS sebanyak 32 orang, terdiri dari 16 siswa kelompok eksperimen dan 16 siswa kelompok kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan metode Outdoor Learning dengan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Handayani Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai thitung diperoleh 4,064 lebih besar dari ttabel 2,042 pada taraf signifikansi 5% dan perhitungan nilai sig (2-tailed) < α (0,001 < 0,05). Hal ini berarti bahwa juga ada pengaruh yang signifikan penerapan metode outdoor learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Handayani Pekanbaru. Hasil mean skor kelompok eksperimen 89,50 lebih tinggi dibandingkan Mean skor kelompok kontrol 83,87. Kata Kunci : Metode Outdoor Learning, Hasil Belajar, dan PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jun 2023 06:59
Last Modified: 23 Jun 2023 06:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71999

Actions (login required)

View Item View Item