SITI MAULIDIYA AGUSTIN, - (2023) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM INAYAH UJUNG BATU ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Maulidiya Agustin, (2023): Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Inayah Ujungbatu Rokan Hulu Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan media video pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Inayah Ujungbatu Rokan Hulu . Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Informan penelitian ini adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam dan 3 orang peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Inayah Ujung Batu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Inayah Ujungbatu Rokan Hulu 65% yaitu baik. Penggunaan media video pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap tindak lanjut. Faktor yang mempengaruhi penggunaan media video pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Inayah Ujungbatu Rokan Hulu yaitu pertama faktor guru, faktor guru yang mempengaruhi yaitu latar belakang pendidikan guru. Guru merupakan tamatan S1 Pendidikan Agama Islam, sudah sertifikasi guru, memiliki pengalaman mengajar 6 tahun, dan pernah mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan media video pembelajaran yaitu pelatihan desain video grafis tingkat guru. Kedua faktor peserta didik, faktor peserta didik yang mempengaruhi yaitu peserta didik memiliki latar belakang dan karakteristik yang berbeda-beda. Ketiga faktor sarana prasarana, faktor sarana dan prasarana yang mempengaruhi yaitu fasilitas sarana dan prasarana media video pembelajaran sudah lengkap seperti adanya ruang belajar, papan tulis, laptop, Infocus, listrik, wifi, dan buku bahan ajar. Keempat faktor lingkungan, faktor lingkungan yang mempengaruhi yaitu adanya hubungan dan komunikasi yang baik antara guru dan peserta didik. Kata Kunci: Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 07:02 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 07:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71988 |
Actions (login required)
View Item |