Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERBEDAAN BAHASA DALAM BERKOMUNIKASI TERHADAP PENETAPAN HARGA JUAL BELI BARANG DI PASAR ATAS BUKITTINGGI MENURUT PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH

Rahmat Febrizal (2015) PENGARUH PERBEDAAN BAHASA DALAM BERKOMUNIKASI TERHADAP PENETAPAN HARGA JUAL BELI BARANG DI PASAR ATAS BUKITTINGGI MENURUT PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Bahasa Komunikasi Terhadap Harga Jual Beli Barang di Pasar Atas Bukittinggi ditinjau dari Perspektif Fiqih Muamalah”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana dinamika perdagangan di pasar atas sebagai sentra ekonomi di Bukittinggi, faktor apa saja yang mempengaruhi penetapan harga oleh pedagang kepada pelanggan dan mengapa perbedaan bahasa pelanggan membuat pedagang menaikkan harga dagangannya. Untuk meneliti masalah ini penulis melakukan penelitian di Pasar Atas Bukittinggi, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika perdagangan di Pasar Atas sebagai sentra ekonomi di Bukittinggi, faktor apa saja yang mempengaruhi penetapan harga oleh pedagang kepada pelanggan dan untuk mengetahui perbedaan bahasa pelanggan membuat pedagang menaikkan harga dagangannya. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pedagang dan pembeli di Pasar Atas Bukittinggi. Karena banyaknya jumlah pedagang di pasar ini maka penulis hanya mengambil pedagang pakaian dan pedagang sepatu. Banyaknya pedagang pakaian sebanyak 150 orang dan pedagang sepatu sebanyak 60 orang serta jumlah pembeli tidak diketahui secara pasti. Karena banyaknya jumlah populasi dalam penelitian ini maka penulis mengambil sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 orang dari penjual, 15 orang dari pembeli yang menggunakan bahasa daerah (bahasa Minang) dan 15 orang pembeli yang menggunakan bahasa luar daerah (bahasa Indonesia). Sumber data yang dipakai adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah sumber yang diperoleh dari pihak pedagang dan pembeli di Pasar Atas Bukittinggi. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari keterangan, tokoh masyarakat dan pihak lain serta buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), interview (wawancara) dan studi kepustakaan. Setelah penulis menganalisa dari hasil observasi dan wawancara dapat diketahui bahwa adanya pengaruh penggunaan bahasa komunikasi terhadap harga jual beli. Hal tersebut disebabkan karena para pedagang berkeinginan untuk meraup laba yang besar yang didasarkan kepada calon pembeli yang menggunakan bahasa luar daerah tidak mengetahui harga pasaran barang tersebut. Kebiasaan yang dilakukan pedagang di pasar ini dilarang oleh ajaran Islam karena adanya unsur penipuan (tadlis) dalam harga. Transaksi seperti di atas telah melanggar akan azaz saling ridho. Walaupun pada saat transaksi kedua belah pihak telah saling ridho, apabila pembeli merasa tertipu maka akad tersebut akan menjadi batal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Sep 2016 02:46
Last Modified: 12 Sep 2016 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7181

Actions (login required)

View Item View Item