Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAMS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU

DIAN NUROHMAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAMS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Unversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI B AB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dian Nurohmah, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Teams terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan cara berpikir siswa dalam proses pembelajaran dan guru masih menggunakan model pembelajaran dengan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe listening teams terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain penelitian yang digunakan non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang mengikuti pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru yang berjumlah 50. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 yang berjumlah 50 dengan rincian 25 siswa XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa XI IPA-2 kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumen. Teknik analisis datanya menggunakan Independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan listening teams dengan metode ceramah pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (6,600 > 2,059) dan perhitungan nilai sig (2-tailed) < α (0,000 < 0,05). Hal ini berarti bahwa juga ada pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe listening teams pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Hasil mean skor kelas eksperimen 85,08 lebih tinggi dari kelas kontrol 78,28. Kata Kunci: Hasil belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Teams

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:33
Last Modified: 14 Jun 2023 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71590

Actions (login required)

View Item View Item