ANNISA, - (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS V SD NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Annisa, (2023): Penerapan Metode Pembelajaran Talking Chips untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Muatan Peajaran PPKn Kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan pelajaran PPKn di kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru melalui metode talking chips. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa yang mengemukakan pendapat dengan tutur kata yang jelas, siswa kurang mampu mengomunikasikan pendapat, siswa kurang mampu menyampaikan pendapat dengan lugas, dan siswa kurang mampu meruntutkan ide/gagasan yang disampaikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SD Negeri 37 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah metode talking chips dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan mengemukakan pendapat siswa sebelum dilakukan tindakan masih rendah dengan persentase 59,93% pada kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan metode talking chips pada siklus I, kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat dengan persentase 76,47% pada kategori cukup. Pada siklus II kemampuan mengemukakan pendapat siswa mengalami peningkatan kembali dengan persentase 86,95% pada kategori baik. Pada penelitian ini indikator mengemukakan pendapat yang paling meningkat adalah kejelasan pengungkapan pendapat dan isi gagasan yang disampaian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode talking chips dapat meningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan pelajaran PPKn di kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Talking Chips, Mengemukakan Pendapat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 04:15 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 04:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71399 |
Actions (login required)
View Item |