SAUFI AMALIA, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA IPS PADA MATERI SEBARAN DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DI SMAN 2 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Saufi Amalia, (2023): Pengaruh Metode Diskusi terhadap Minat Belajar Siswa IPS pada Materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam di SMAN 2 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh metode Diskusi terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 2 TAMBANG. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 (dua) kelas yaitu kelas eksperimen XI IPS 2 yang diberi perlakuan dengan metode diskusi dan kelas kontrol XI IPS 1 yang tidak diberi perlakuan hanya dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan metode terhadap minat belajar siswa di SMAN 2 TAMBANG memiliki nilai 1,07 > 1,00 maka dikatakan efek tinggi (Strong Effect). Jika dihitung persentasi yang diperoleh, dapat dilihat besar kenaikan dengan menggunakan rumus = selisih angka/ nilai sebelumnya x 100% sehingga diperoleh besar kenaikan 8,8%. Dari hasil perhitungan tersebut dapat diartikan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi sebaran dan pengelolaan sumber daya alam di SMAN 2 TAMBANG. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Diskusi, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 03:39 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 03:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71368 |
Actions (login required)
View Item |