HANI WININGRUM, - (2023) STUDI PERBANDINGAN PEMAHAMAN MEMBACA ANTARA SISWA DAN SISWI KELAS SEBELAS MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI HANI WININGRUM.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hani Winingrum, (2023) : Studi Perbandingan Pemahaman Membaca antara Siswa dan Siswi Kelas Sebelas Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Penelitian ini adalah studi perbandingan dengan metode analisis inferensial yaitu teknik Independen Sample T-test yang digunakan untuk mengukur perbedaan skor keterampilan membaca antara siswa dan siswi Kelas sebelas Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Berdasarkan studi pendahuluan, peneliti menemukan sebagian besar siswa dan siswi belum mencapai target kurikulum 2013 pada keterampilan membaca mata pelajaran Bahasa Arab. Mereka belajar dalam kelas yang sama dan guru mengajar tanpa ada pemisahan ataupun pembedaan diantara siswa dan siswi. Namun, banyak peneliti yang menuliskan fakta-fakta kesenjangan gender yang muncul di akademik pendidikan, khususnya dalam pembelajaran bahasa. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara siswa dan siswi pada keterampilan membaca mereka dalam memahami teks Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Dari 116 siswa sebagai populasi yang terdiri dari 6 kelas, peneliti memilih 20 siswa dan 20 siswi sebagai sampel yang dipilih secara acak di kelas sebelas. Adapun desain penelitian ini adalah komparasi dengan menggunakan instrument berupa tes yang terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda. Berdasarkan temuan penelitian, ditemukan bahwa tingkat probabilitas = 0.000 < 0.05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada perbedaan signifikan terhadap pemahaman membaca antara siswa dan siswi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru yang mana siswi memiliki nilai pemahaman membaca lebih tinggi daripada siswa. Kata Kunci : Studi Perbandingan, Pemahaman Membaca, Siswa dan Siswi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 04:05 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 04:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71324 |
Actions (login required)
View Item |