Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V/A MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH PEKANBARU

NOVA RAHMA SARI, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V/A MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nova Rahma Sari, (2023): Penerapan Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model cooperative script di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi siswa, diantaranya siswa kurang mampu menyampaikan pesan dan berbagi informasi terkait pembelajaran dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan 23 orang siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan model cooperative script dan keterampilan komunikasi siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model cooperative script dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan persentase keterampilan komunikasi siswa hanya 49,78 atau berada pada kategori kurang. Kemudian setelah penerapan cooperative script dilakukan, pada siklus I rata-rata keterampilan komunikasi siswa meningkat mencapai 75,10 dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II rata-rata keterampilan komunikasi siswa meningkat yaitu mencapai 84,78 atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpilakan bahwa penerapan model cooperative script dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Pekanbaru. Kata Kunci : Model Cooperative Script, Keterampilan Komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:24
Last Modified: 05 Jun 2023 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71310

Actions (login required)

View Item View Item