Nurvita Risa Yuana (2015) TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP KUALITAS JASA PELAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN KELAS III ( Studi Kasus Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (45kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP KUALITAS JASA PELAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN KELAS III (STUDI KASUS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD PEKANBARU)”. Penelitian ini bersifat penelitian (Field Research) di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru Jalan Diponegoro No. 2 Pekanbaru, Riau. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru merupakan salah satu Rumah Sakit terbaik milik pemerintah yang ada di Pekanbaru maka sudah seharusnya sebagai Rumah Sakit milik pemerintah memberikan pelayanan terbaik kepada semua kalangan masyarakat tanpa membeda-bedakan masyarakat miskin atau pun kaya. Adapun pelayanan yang dimaksud adalah pelayanan administrasi, pelayanan medis dan pelayanan obat-obatan. Permasalahan dalam penelitian adalah Bagaimana Pelaksanaan Jasa Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru terhadap Pasien Kelas III, Bagaimana Tanggapan Pasien Kelas III terhadap Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru, Bagaimana Tinjauan Ekonomi Islam terhadap Pasien Kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru telah memenuhi prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Yang menjadi subjek dalam penelitian adalah pasien kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah bagaimana Tinjauan Ekonomi Islam terhadap Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien Kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah adalah pasien kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru, sedangkan yang menjadi sampel adalah pasien kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru yang dilakukan secara incidental sampling sebanyak 40 orang. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket, Wawancara dan Observasi yang dilakukan secara langsung dengan dokter, perawat dan pihak manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru, ditambah dengan literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Analisa yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa Jasa Pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru Bagi Pasien Kelas IIII belum sepenuhnya memberikan pelayanan maksimal kepada pasien kelas III. Oleh karena itu, Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru seharusnya lebih meningkatkan kualitas jasa pelayanan kesehatan bagi pasien dengan cara memberikan pelatihan bagi karyawan tentang pelayanan dan melakukan seleksi terhadap karyawan yang ingin bekerja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 16:16 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 16:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7046 |
Actions (login required)
View Item |