Raiyan Mahera (2015) PENGARUH KEBERADAAN MINIMARKET ALFAMART TERHADAP OMSET PENJUALAN USAHA RETAIL DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus : Alfamart Jl. Delima, Kecamatan Tampan, Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (69kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “PENGARUH KEBERADAAN MINIMARKET ALFAMART TERHADAP OMSET PENJUALAN USAHA RETAIL DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus: Alfamart Jl. Delima, Kecamatan Tampan, Pekanbaru” ini ditulis berdasarkan latar belakang omset penjualan usaha retail disekitar minimarket Alfamart mengalami penurunan yang disebabkan oleh konsumen yang lebih memilih berbelanja ke minimarket. serta persebaran minimarket dengan jarak yang dekat membuat persaingan usaha semakin tidak seimbang. Adapun rumusan masalah penelitian ini, apakah ada perbedaan omset penjualan sebelum dan sesudah adanya minimarket Alfamart? dan tinjauan Ekonomi Islam terhadap pengaruh keberadaan minimarket Alfamart terhadap omset penjualan usaha retail? Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (Field Research), yaknidengan melihat langsung ke lokasi penelitian, penulis mengambil lokasi minimarket Alfamart yang berada di Jl. Delima, Kecamatan Tampan, Pekanbaru yang pada radius 100 m. Metode analisa yang digunakan adalah metode kuantitatif. Bersifat kuantitatif karena penelitian ini mendeskripsikan pengaruh keberadaan minimarket Alfamart terhadap omset penjualan usaha retail ditinjau menurut Ekonomi Islamdengan populasi 4 usaha retail yang memiliki data tertulis dan bermodal di antara Rp. 5.000.000 – Rp. 10.000.000 dan menjual barang yang sama dengan minimarket. Pengambilan populasi berdasarkan teknik purposive sampling. Analisa penelitian menggunakan analisa komfaratif uji t dua sampel. Hasil penelitian menunjukkanPedagang 1 (Siti) dengan Nilai t hitung (t0) =-12.490 sedangkan t tabel menunjukkan 5% = 2.201. Pedagang 2 (Indra) Nilai t hitung (t0) = -30.509 sedangkan t tabel menunjukkan 5% = 2.201. Pedagang 3 (Sarijo) Nilai t hitung (t0) = -34.491 sedangkan t tabel menunjukkan 5% = 2.201. Pedagang 4 (Rina) Nilai t hitung (t0) menunjukkan -34.491 sedangkan t tabel menunjukkan 5% = 2.201. Pada rata-rata omset penjualan ke empat usaha retail menunjukkan Nilai t hitung (t0) menunjukkan -29.655 sedangkan t tabel menunjukkan 5% = 2.201. Dengan ini rata-rata omset penjualan ke empat pedagang adalah t tabel < t hitung berpengaruh negatife, Ha diterima dan H0 = ditolak. Artinya ada perbedaan omset penjualan usaha retail sebelum dan sesudah adanya minimarket. Persebaran minimarket Alfamart di jalan Delima mengakibatkan kelesuan omset penjualan para pedagang. Hal ini disebabkan oleh konsumen lebih memilih berbelanja di minimarket daripada berbelanja ke pedagang-pedagang yang berada disekitarnya. Karena konsumen melihat kondisi tempat dan pelayanan di minimarket lebih baik dan harga yang lebih rendah dari pada pedagang sekitarnya. Serta persebaran minimarket yang sangat menjamur di kota pekanbaru dengan jarak yang dekat. Persaingan usaha antara minimarket dan usaha retail ini haruslah dikendalikan dan di kontrol kebebasannya oleh pemerintah, karena usaha ratail akan terancam tutup dan pedagangnya akan rugi dan kehilangan mata pencaharian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 10:33 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 10:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7038 |
Actions (login required)
View Item |