Elma Shefya (2015) PELAKSANAAN JAMINAN FIDUSIA PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG DUMAI MENURUT UNDANG- UNDANGANG NOMOR 42 TAHUN 1999 TENTANG JAMINAN FIDUSIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (67kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Jikakitacermatilebihdalam, dalamsetiapperjanjiankredit yang digunakandalampraktekperbankanbiasanyamenggunakanfidusia.Perjanjian kredit yang menggunakanfidusiainidikarenakanadanyaazaskehati-hatian yang diterapkanoleh bank melindungiaset yang dimilikioleh bank.MenurutUndang-undangNomor 42 Tahun 1999 yang mengaturtentangfidusia yang digunakandalamperjanjiankreditdalampelaksanaanpelaksanaanjaminanfidu sia di bank syariahmandiricabangdumai.Permasalahandalampenelitianiniadalah (1) Bagaimanapelaksanaanjaminanfidusia bank syariahmandiricabangdumaimenurutundang-undangtahun 1999 tentangjaminanfidusia? (2) apasajahambatan yang dihadapidalampelaksanaanjaminanfidusiapada bank syariahmandiricabangdumai? (3) Bagaimanapenyelesaiansengketadaneksekusidalampelaksanaanjaminanfid usiapada bank syariahmandiricabangdumai? Adapunmetodependekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianhukumsosiologisdenganspesi fikasideskriptifanalisis.Data yang dikumpulkanadalah data primer dan data sekunder. Berdasarkanhasilpenelitianinibahwadalampelaksanaanperjanjianfid usiapada bank syariahmandiricabangdumaibelumterlaludipahamibaikolehnasabah. Hal inidikarenakankurangnyainformasidanpemberitahuandaripihak bank kepadanasabah, akantetapikarenakebutuhannasabahmengikutisajaapa yang diperintahkan bank denganharapandapatpinjamankreditdari bank. Dalammelaksanakanperjanjiankreditmengunakanfidusiapihak bank mengalamihambatanataukendaladikarenakannasabahmengalamimasalahda lampemenuhanprestasi yang manamengakibatkannasabahciderajanji. Hambatandidalampelaksanaanjaminanfidusiapada bank syariahmandiricabangdumaiberasaldarifaktor internal bank sepertiadanyakesalahandalamverifikasi data nasabahdanfaktoreksternal yang seringmenyebabkandebiturmengalamikreditmacetadalahadanyasalahinvest asisertakondisiusahadebiturmenurun.Faktorlainnyaadalahdebiturmelakuka nkredittopengandanadanyapenjualanbarangjaminan yang dilakukanpihakdebiturkepadapihaklaindenganmenggunakanaktadibawahta ngandantanpasepengetahuandebitur, hubungandebiturdenganmitrausahamenurundanadanyaI’tikadtidakbaikdari debituruntukmelunasihutangnya. Penyelesaiansengketa yang di lakukanolehpihak bank syariahmandiricabangdumaiadalahmelaluicaramusyawarahataukekeluarga an, tetapiapabiladiperlukan bank syariahmandiricabangdumaimengambillangkahhukummenempuhjalurpeng adilan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 08:25 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 08:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6974 |
Actions (login required)
View Item |