Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa pada Muatan Pembelajaran PPKn di Kelas V SD Babussalam Pekanbaru

Nur Aini, - (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa pada Muatan Pembelajaran PPKn di Kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Aini, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa pada Muatan Pembelajaran PPKn di Kelas V SD Babussalam Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab siswa pada muatan pembelajaran PPKn di kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tanggung jawab siswa dalam melakukan persiapan sebelum pembelajaran, memanfaatkan waktu secara efektif, mengerjakan tugas individu dan mengikuti diskusi dengan sungguh-sungguh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 17 orang siswa kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur dan tanggung jawab siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kepala bernomor struktur dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan yang hanya mencapai 61% yang berada pada rentang ≤ 74% dengan kategori “kurang baik”. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, tanggung jawab siswa meningkat menjadi 76% yang berada pada rentang 74%-82% dengan kategori “cukup baik”. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 83% yang berada pada rentang 83%-91% dengan kategori “baik”. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa tanggung jawab siswa pada muatan pembelajaran PPKn di kelas V SD Babussalam Pekanbaru dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur. Kata Kunci: Model Penerapan Kepala Bernomor Struktur, Tanggung Jawab Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:59
Last Modified: 11 Apr 2023 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69701

Actions (login required)

View Item View Item