Nur Aini, - (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa pada Muatan Pembelajaran PPKn di Kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (897kB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nur Aini, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa pada Muatan Pembelajaran PPKn di Kelas V SD Babussalam Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab siswa pada muatan pembelajaran PPKn di kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tanggung jawab siswa dalam melakukan persiapan sebelum pembelajaran, memanfaatkan waktu secara efektif, mengerjakan tugas individu dan mengikuti diskusi dengan sungguh-sungguh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 17 orang siswa kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur dan tanggung jawab siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kepala bernomor struktur dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan yang hanya mencapai 61% yang berada pada rentang ≤ 74% dengan kategori “kurang baik”. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, tanggung jawab siswa meningkat menjadi 76% yang berada pada rentang 74%-82% dengan kategori “cukup baik”. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 83% yang berada pada rentang 83%-91% dengan kategori “baik”. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa tanggung jawab siswa pada muatan pembelajaran PPKn di kelas V SD Babussalam Pekanbaru dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur. Kata Kunci: Model Penerapan Kepala Bernomor Struktur, Tanggung Jawab Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 02:59 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 02:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69701 |
Actions (login required)
View Item |