Yuliharti, - and Kadar M. Yusuf, - (2019) Menakar Kurikulum PAI Abad 21: Perbandingan Antara Proses Pengelolaan dan Kebutuhan Stekholder. PROSIDING The Annual Conference on Islamic Religious Education (ACIRE), 1 (1). pp. 100-105. ISSN 2722-9165
|
Text
10-13-1-PB.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
Abstrak. Kajian ini fokus pada perbandingan kurikulum Pendidikan Agama Islam dengan kebutuhan stekholder dan para pengguna lulusan Prodi PAI. Selain itu kajian ini juga memperbincangkan tantangan yang dihadapi Prodi PAI. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurang relevan kurikulum Prodi PAI dengan kebutuhan stekholder dan para penggunanya. Inilah di antara problem dan tantangan yang dihadapi PAI. Problem dan tantangan lainnya adalah persaingan antara sarjana Prodi dengan sarjana Prodi kajian keislaman lainnya dalam merebut profesi guru Pendidikan Agama Islam. Sebab, undang-undang membolehkan semua sarjana kajian keislaman menjadi guru dengan syarat sudah memiliki kualifikasi dan kompetensi serta sertifikasi yang dibuktikan dengan sertifikat setelah mengikuti Program Pendidikan Guru (PPG). Dalam rangka menghadapi problem dan tantangan ini Prodi PAI, sepatutnya menambah formasi kajian keislaman dan membuat pembidangan khusus sesuai kebutuhan para penggunanya. Kata Kunci. Kurikulum PAI Abad 21; Proses Pengelolaan; Stekholder.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Eko Syahputra |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 05:29 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 05:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69554 |
Actions (login required)
View Item |