Anggi Dharma (2014) KINERJA GURU PEMBIMBING DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (18kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru pembimbing di madrasah dengan sub fokus penelitian ini adalah : latar belakang guru pembimbing, proses menjadi guru pembimbing, pembuatan perencaaan sebelum memberikan layanan, pemberian layanan berdasarkan program yang disusun, pengevaluasian setelah pemberian layanan, penganalisaan terhadap hasil evaluasi, tindak lanjut dari layanan, performance ketika memberikan layanan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah kinerja guru pembimbing. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah: wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pengolahan data penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pembimbing di MTsN Bukit Raya Pekanbaru sudah memperlihatkan kinerja yang baik di madrasah. Hal ini ditunjukkan dari kinerja guru pembimbing ketika melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan seharusnya yaitu merencanakan pelayanan dibuktikan dengan adanya program dan satuan layanan, memberikan layanan berdasarkan program yang disusun terbukti dengan hasil pengamatan peneliti ketika guru pembimbing memberikan layanannya kepada siswa asuhnya, mengevaluasi pelayanan yang diberikan dibuktikan dengan adanya format penilaian segera dan berdasarkan pernyataan guru pembimbing ketika ditanya perihal penilaian jangka pendek dan penilaian jangka panjang, menganalisis hasil evaluasi layanan terbukti dengan pernyataan guru pembimbing, memberikan tindak lanjut hasil layanan terbukti dengan hasil pengamatan peneliti, hal ini tergantung permasalahan yang dialami siswa. Meskipun guru pembimbing melaksanakan tugas pokok dan fungsinya akan tetapi tidak semua guru pembimbing memahami apa yang mereka lakukan atau yang menjadi tugas pokok mereka. Salah satu contoh dalam menggunakan format penilaian segera yang seharusnya diisi oleh penerima layanan (siswa) namun diisi oleh guru pembimbing. Hal ini akan berdampak terhadap pelaksanaan penilaian segera tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 06:39 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 06:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6925 |
Actions (login required)
View Item |