Ista Fevilla Khenni (2015) STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK PADA PENJUALAN BAKSO MALANG BUNG HADI CABANG PANAM PEKANBARU DI TINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK PADA PENJUALAN DI TINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (Field Research) di Bakso Malang Bung Hadi Pekanbaru, Jalan HR. Soebrantas, Panam Pekanbaru, Riau. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah, bahwa perkembangan bisnis dimuka bumi ini sangatlah berkembang dengan pesatnya, begitu juga dengan kota Pekanbaru dimana semakin banyaknya kuliner yang ada maka semakin banyak pula persaingan untuk merebut pangsa pasar. Namun Bakso Malang Bung Hadi menerapkan sistem penjualan yang berbeda (diferensiasi) baik dari segi produk, penetapan pada harga, tempat, promosi, serta pelayanan yang diberikan menjadikan Bakso Malang Bung Hadi tampil lebih unik dari penjual bakso lainnya, dan mengalami peningkatan penjualan tiap tahunnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, Bagaimana strategi diferensiasi produk yang diterapkan pada penjualan Bakso Malang Bung Hadi Cabang Panam Pekanbaru, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penjualan Bakso Malang Bung Hadi Cabang Panam Pekanbaru, Bagaimanakah Tinjauan Ekonomi Islam terhadap strategi diferensiasi produk yang dilakukan oleh Bakso Malang Bung Hadi Cabang Panam Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah strategi diferensiasi produk pada penjualan Bakso Malang Bung Hadi Cabang Panam Pekanbaru menurut Ekonomi Islam. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pemilik dan konsumen Bakso Malang Bung Hadi Cabang Panam Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objek adalah strategi diferensiasi produk pada penjualan Bakso Malang Bung Hadi di tinjau menurut Ekonomi Islam. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah pemilik, karyawan, dan konsumen Bakso Malang Bung Hadi yang jumlahnya 1 orang pemilik dan 5 orang karyawan berjumlah 6 orang dengan menggunakan metode total sampling, konsumen mengambil kuota 40 orang dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini Wawancara, angket secara langsung kepada konsumen Bakso Malang Bung hadi, ditambah dengan literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Analisa yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskritif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa strategi diferensiasi yang diterapkan oleh pedagang Bakso Malang Bung Hadi dinilai cukup baik dan efektif dalam meningkatkan usahanya. Adapun langkah-langkah yang dilakukannya dengan adanya variasi pada jenis baksonya, menetapkan harga Rp. 2.500,- per baksonya, memberikan banyaknya informasi di berbagai sosial media, dan memberikan pelayanan yang baik. Di dalam tinjauan Ekonomi Islam kualitas pada produk Bakso Malang Bung Hadi sesuai dengan syariat Islam dengan menjauhi keharaman, jual beli didasari suka sama suka, memberikan kenyamanan serta kejujuran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 21:22 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 21:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6613 |
Actions (login required)
View Item |