Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRASI SAINS DAN TAUHID DI LEMBAGA PENDIDIKAN INTEGRAL HIDAYATULLAH BATAM

MUHAMMAD MAULANA, MM (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRASI SAINS DAN TAUHID DI LEMBAGA PENDIDIKAN INTEGRAL HIDAYATULLAH BATAM. Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
Tesis BAB IV M. maulana.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Tanpa BAB IV.pdf

Download (66MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran objektif dan komprehensif tentang: bagaimana Implementasi kurikulum integrasi sains dan tauhid di Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah Batam dan apa sajakah faktor-faktor yang pendukung dan penghambat Implementasi kurikulum integrasi sains dan tauhid di Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah Batam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskripstif. Informan penellitian adalah Kepala Sekolah, Wakil kurikulum dan Guru serta Siswa Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah Batam. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi kurikulum integrasi sains dan tauhid di Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah Batam diinternalisasikan pada semua mata pelajaran dan program Sekolah. Dalam implementasi mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (1) Perencanaan kurikulum di Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah Batam meliputi desain kurikulum, pelaksanaan program, dan strategi dalam pelaksanaan. (2) Pelaksanaan kurikulum Integral berbasis tauhid di Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah Batam berpedoman pada konsep pendidikan berbasis sain dan tauhid. Pelaksanaan kurikulum di Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah Batam mencakup pelaksanaan tingkat Sekolah dan tingkat kelas. Pelaksanaan tingkat Sekolah meliputi penyusunan rencana tahunan, jadwal kegiatan pelaksanaan pembelajaran, dan koordinasi kesatuan sikap, tujuan dan tindakan terkait Kurikulum Inegral Berbasis sain dan Tauhid. Pelaksanaan tingkat kelas meliputi tugas guru dan proses pembelajaran; 2) Pelaksanaan Implementasi kurikulum integrasi sains dan tauhid di Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah Batam sangat dipengaruhi beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat, diantaranya: Faktor Pendukung Faktor pendukung merupakan segala sesuatu yang dapat menunjang pelaksanaan manajemen kurikulum, diantaranya seperti: 1) Kondisi orang tua siswa dan masyarakat yang agamis, dan cukup mengerti persoalan pendidikan 2) Tersedianya ruang dan sarana pendukung seperti Perpustakaan, Lab. IPA, Lab. Bahasa, Lab. Komputer dengan fasilitasnya, Sarana Olahraga, berbagai macam Ekstrakulikuler, Air bersih dan lain-lain 3) Adanya partisipasi yang baik antara sekolah, komite, masyarakat, dan instansi terkait. Faktor pengahmbat merupakan segala sesuatu yang dapat menghambat pelaksanaan Implementasi kurikulum integrasi sains dan tauhid di Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah Batam, untuk kendala yang biasa dihadapi adalah media pembelajaran yang belum lengkap.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:38
Last Modified: 30 Jan 2023 01:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/66015

Actions (login required)

View Item View Item