DEVY RAHMAWATI, - (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH IV PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (921kB) |
||
|
Text
SKRIPSI DEVY RAHMAWATI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Devy Rahmawati, (2022): Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Muhammadiyah IV Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan Strategi Question Student Have di kelas IV SD Muhammadiyah IV Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjek penelitiannya adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa, dan objek penelitiannya adalah penerapan strategi pembelajaran Question Student Have dan kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Question Student Have dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkakatannya sejak sebelum tindakan perbaikan hingga tindakan perbaikan pada siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa hanya mencapai 41,66 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama, kemampuan komunikasi siswa meningkat menjadi 58,33 namun masih berada pada kategori kurang, dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 64,23 dan masih berada pada kategori kurang. Kemudian pada siklus II pertemuan ketiga, kemampuan komunikasi siswa meningkat menjadi 70,82 tetapi masih berada pada kategori kurang, dan pada pertemuan keempat nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa meningkat menjadi 86,10 dan sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Question Student Have dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Muhammadiyah IV Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Question Student Have, Kemampuan Komunikasi Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 01:25 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 01:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65599 |
Actions (login required)
View Item |