Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PRAANGGAPAN DALAM IKLAN GOJEK PADA YOUTUBE GOJEK INDONESIA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

HAEKAL MUHARRAM, - (2022) ANALISIS PRAANGGAPAN DALAM IKLAN GOJEK PADA YOUTUBE GOJEK INDONESIA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

HAEKAL MUHARRAM (2022) : ANALISIS PRAANGGAPAN DALAM IKLAN GOJEK PADA YOUTUBE GOJEK INDONESIA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praanggapan dalam iklan Gojek pada YouTube Gojek Indonesia. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana jenis-jenis praanggapan dan fungsi praanggapan dalam iklan Gojek pada YouTube Gojek Indonesia dan relevansinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Tujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis praanggapan dan fungsi praanggapan dalam iklan Gojek pada YouTube Gojek Indonesia, dan bentuk relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik metode deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah teknik simak dan teknik analisis data dengan menggunakan analisis praanggapan berdasarkan teori Yule. Hasil analisis data, ditemukan 28 tuturan yang mengandung praanggapan. Terdapat lima jenis praanggapan yang ditemukan, yaitu praanggapan eksistensial, praanggapan faktual, praanggapan nonfaktual, praanggapan leksikal, dan praanggapan struktural. Praanggapan yang paling dominan digunakan adalah praanggpan struktural, dan praanggapan eksistensial. Ditemukan 10 tuturan yang mengandung fungsi bahasa, yakni: fungsi direktif, fungsi referensial, dan fungsi imaginatif. Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai salah satu bahan masukan sebagai referensi materi ajar pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP pada kelas VIII semester II. Kompetensi Dasar dalam pembelajaran bahasa Indonesia ini terdapat pada kurikulum 2013 pada KD 3.3 mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar. 4.3 menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber. Kata Kunci: Praanggapan, Iklan, YouTube, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:54
Last Modified: 13 Jan 2023 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64940

Actions (login required)

View Item View Item