Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK KELAS III SD NEGERI 0704 SUNGAI KORANG KABUPATEN PADANG LAWAS

KHOFIPAH HASIBUAN, - (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK KELAS III SD NEGERI 0704 SUNGAI KORANG KABUPATEN PADANG LAWAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Khofipah Hasibuan, (2022): Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay TwoStray untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Tematik pada Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III SD Negeri 0704 Sungai Korang Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan tanggung jawabsiswa melalui penerapan metode pembelajaran two stay two stray dalam pembelajaran tematik pada tema 3 Kelas III SDN 0704 Sungai Korang Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan tanggung jawab dan metode pembelajaran two stay two stray. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan di setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan kemampuan tanggung jawab siswa menggunakan metode pembelajaran two stay two stray sebelum tindakan hanya mencapai 54%dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan tanggung jawab siswa meningkat menjadi 63,1% dengan kategori cukup dan pada siklus II kemampuan tanggung jawab siswa mengalami peningkatan menjadi 72,9% dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan tanggung jawab pada siswa melalui metode two stay two stray untuk pembelajaran tematik pada tema 3 Kelas III SDN 0704 Sungai Korang Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten PadangLawas. Kata Kunci : Kemampuan Tanggung Jawab, Metode Two Stay Two Stray

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:54
Last Modified: 27 Dec 2022 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64687

Actions (login required)

View Item View Item