Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH PENGALIHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

NAFIDA NUR SALSABILA, - (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH PENGALIHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Nafida Nur Salsabila, (2022): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Pengalihan Kabupaten Indragiri Hilir Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa dan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Pengalihan Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain penelitian yang digunakan non-equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII berjumlah 50 siswa dengan rincian 25 siswa VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa VIII 1 kelas kontrol. Data yang diperoleh analisis dengan menggunakan teknik t-test (Independent Sample t-Test). Hasil penelitian diperoleh kreativitas siswa menunjukkan nilai thitung > ttabel (8,115 > 1,678). Perhitungan nilai sig (2-tailed) < (0,000 < 0,05), maka Ha diterima Ho ditolak. Oleh karena itu, terdapat perbedaan signifikan kreativitas belajar siswa antara penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Fikih. Hasil Mean skor kelas eksperimen 88,92 lebih tinggi dari kelas kontrol 78,68. Hasil belajar siswa dengan hasil perhitungan uji-t, nilai thitung > ttabel (3,985 > 1,678). Perhitungan nilai sig (2-tailed) < (0,000 < 0,05), maka Ha diterima Ho ditolak. Oleh karena itu, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Pengalihan. Hasil Mean skor kelas eksperimen 88,60 lebih tinggi dari kelas kontrol 76,88. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Kreativitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:55
Last Modified: 29 Nov 2022 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64346

Actions (login required)

View Item View Item