Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KIAMBANG (Salvinia molesta) FERMENTASI DALAM RANSUM TERHADAP KADAR KOLESTEROL, TRIGLISERIDA DAN HDL DAGING BROILER

BOBY HARYADI, - (2022) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KIAMBANG (Salvinia molesta) FERMENTASI DALAM RANSUM TERHADAP KADAR KOLESTEROL, TRIGLISERIDA DAN HDL DAGING BROILER. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (46MB) | Preview

Abstract

Kiambang (Salvinia molesta) merupakan gulma tanaman air yang dapat dijumpai di rawa, danau dan persawahan yang dapat dijadikan sebagai bahan pakan alternatif bagi broiler. Serat kasar yang tinggi pada kiambang perlu dilakukan fermentasi untuk meningkatkan kualitasnnya. Tepung kiambang fermentasi (TKF) memiliki kandungan nutrisi di antaranya protein kasar 9,05%; lemak kasar 0,22%; serat kasar 21,07%; kalsium 0,80%; fosfor 0,26% dan energi metabolisme 3097,40 kkal/kg. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung kiambang (Salvinia molesta) fermentasi dalam ransum terhadap total kolesterol (TCHO), trigliserida (TG), dan High Density Lipoprotein (HDL). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juli 2022 di UIN Agricultur Research and Development Station (UARDS), Laboratorium Produksi Ternak Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan Laboratorium Klinik Pratama Fitria, Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 (lima) perlakuan dan 4 (empat) ulangan. Perlakuan yang diberikan terdiri dari 5 level tepung kiambang fermentasi (0%, 3%, 6%, 9% dan 12%). Parameter yang diukur adalah total kolesterol, trigliserida, dan HDL pada daging broiler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung kiambang fermentasi hingga level 12% dalam ransum memberikan pengaruh tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap kadar kolesterol, trigliserda dan HDL daging broiler, yaitu rataan kadar kolesterol berkisar antara 0,13-0,24 mg/g, trigliserida 69,18-94,82 mg/dl dan HDL 12,98-17,58 mg/dl. Kesimpulan penelitian ini adalah penambahan tepung kiambang (Salvinia molesta) fermentasi dalam ransum basal sampai level 12% tidak dapat menurunkan kadar kolesterol, trigliserida dan tidak mampu meningkatkan HDL daging broiler. Kata kunci : Broiler, fermentasi, High Density Lipoprotein, kiambang, kolesterol, Salvinia molesta, trigliserida.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:12
Last Modified: 18 Nov 2022 01:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64257

Actions (login required)

View Item View Item