Bayu Mardyansah, - (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
BSTRAK Bayu Mardyansah, (2022): Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here di kelas IV sekolah dasar negeri 001 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengemukakan ide dan gagasan dan siswa kurang berani dalam mengemukakan pendapat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran everyone is a teacher here dan kemampuan mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa strategi pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan yaitu persentase yang diperoleh 49% atau tergolong kurang karena berada pada rentang >75%. Setelah di lakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat dengan persentase diperoleh 60% atau tergolong kurang karena berada pada rentang >75%. Pada siklus II kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat dengan persentase yang diperoleh 79% tergolong cukup karena pada rentang 75%-83%. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here, Kemampuan Mengemukakan Pendapat. ACC 18/7/2022
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 03:27 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 03:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63672 |
Actions (login required)
View Item |