Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU

YULIA ARIANITA, - (2022) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Yulia Arianita (2022): Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA PGRI Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan Antara lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar siswa di SMA PGRI Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu lingkungan sekolah (Variabel bebas/independen atau variabel X) dan kesulitan belajar siswa (variabel dependent/terkait atau variabel Y). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA PGRI Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA PGRI Pekanbaru berjumlah 165 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dan XI IPA yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dengan persentase menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis data bahwa lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI Pekanbaru yang terbukti dari nilai > (3,783 > 2,024) dengan nilai signifikansi kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti Ha diterima,Ho ditolak. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebesar 27,4%. Sedangkan sisanya 72,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Lingkungan Sekolah, Kesulitan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:25
Last Modified: 26 Aug 2022 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63598

Actions (login required)

View Item View Item