SITI MUNAWAROH, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
SITI MUNAWAROH(2022) : PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP/MTs Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving terintegrasi nilai-nilai keislaman yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif serta dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi penyajian data. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving terintegrasi nilai-nilai keislaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Instrumen penelitian berupa instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi Lembar Kerja Siswa (LKS) oleh ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa dan instrumen efektivitas yaitu soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving terintegrasi nilai-nilai keislaman dinyatakan dalam kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 85,99%. (2) Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving terintegrasi nilai-nilai keislaman dinyatakan dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan sebesar 86,38%. (3) Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving terintegrasi nilai-nilai keislaman dinyatakan efektif berdasarkan hasil uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t dengan rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 81,13 lebih tinggi dibandingkan rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 63,83. Hal ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving terintegrasi nilai-nilai keislaman yang telah dikembangkan ini valid, praktis dan efektif serta dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Solving, Terintegrasi Nilainilai Keislaman, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 03:02 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 03:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63575 |
Actions (login required)
View Item |