Cindy Widia Ningsi,, - (2022) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan Bahasa Indonesia Kelas V SDIT Insan Cendekia Bangkinang Kota. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Cindy Widia Ningsi, (2022) : Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan Bahasa Indonesia Kelas V SDIT Insan Cendekia Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita muatan Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining di kelas V SDIT Insan Cendekia Bangkinang Kota. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keterampilan komunikasi siswa diantaranya siswa kurang mampu membagi pikiran, informasi dn penemuan kepada orang lain, dan sulit mendiskusikan hasil kegiatan mengenai suatu masalah atau peristiwa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya adalah model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dan keterampilan komunikasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis data deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan diperoleh persentase keterampilan komunikasi siswa hanya mencapai 51,10% yang berada pada rentang 50%59% dengan kategori “kurang”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, keterampilan Komunikasi siswa 66,54%, yang berada pada rentang 60%- 69%, dengan kategori “Cukup”, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 86,30%, yang berada pada rentang 80%- 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining, Keterampilan Komunikasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 03:50 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 03:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63378 |
Actions (login required)
View Item |