Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TEMA MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN HIDUP DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN

NUR LELA, - (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TEMA MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN HIDUP DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)

Abstract

NUR LELA (2022) : PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TEMA MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN HIDUP DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru melalui penerapan metode pembelajaran scramble. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa, hal ini dilihat dari beberapa diantaranya adalah siswa terlihat kaku saat diminta berbicara didepan kelas, lebih banyak menundukkan kepala sambil bermain apa bila guru sedang menjelaskan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 28 siswa kelas II A SDN 130 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran scramble dan motivasi belajar. Penelitian dilakukan dalam II siklus, setiap siklus terdiri dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian, motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik sebelum tindakan hanya mencapai 40,53% atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan motivasi belajar pada siklus I mencapai 67,95% dengan kategori cukup karena pada rentang 50%-69%. Pada siklus II motivasi belajar siswa meningkatkan menjadi 81,24% karena terdapat pada rentang 80%-90% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran scramble dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II A Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru Kecamatan Tampan. Kata Kunci :Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar, dan Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:45
Last Modified: 04 Aug 2022 07:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63283

Actions (login required)

View Item View Item