Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDN 008 SEMELINANG LAUT KECAMATAN PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU

AYU WANIDA, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDN 008 SEMELINANG LAUT KECAMATAN PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
bab 1,2,3,5.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
bab 4 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Ayu Wanida, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Semelinang Laut Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku melalui penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Semelinang Laut Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 19 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Semelinang Laut Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran practice rehearsal pairs dan kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa model pembelajaran practice rehearsal pairs dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa. Hal ini dapat dilihat peningkatan sebelum tindakan dan setelah diberi tindakan. Sebelum tindakan hasil kemampuan kerja sama siswa hanya mencapai 50,00% atau tergolong cukup baik. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, kemampuan kerja sama siswa meningkat menjadi 60,39% atau tergolong baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 88,81% atau tergolong sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran practice rehearsal pairs dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Semelinang Laut Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Kata kunci: practice rehearsal pairs, kemampuan kerja sama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:02
Last Modified: 04 Aug 2022 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63267

Actions (login required)

View Item View Item