INDUN ARININGSIH, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (24MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Indun Ariningsih, (2022): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs Pondok Pesantren Sultan Syarif Kasim Tuah Indrapura. Subjek penelitian ini adalah para ahli yang berasal dari dosen, guru dan siswa di MTs Pondok Pesantren Sultan Syarif Kasim Tuah Indrapura. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis model Realistic Mathematics Education (RME) pada materi Statistika.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan soal posttest. Instrumen penelitian berupa instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi LKS oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa dan instrumen keefektifan yaitu soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis model Realistic Mathematics Education dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 82,05%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 10 siswa diperoleh bahwa LKS berbasis model Realistic Mathematics Education sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 89,25% dan untuk kelompok terbatas yaitu 87,25%. Hasil uji post-test diperoleh nilai U xi hitung < U yaitu 43 < 106. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis Realistic Mathematics Education pada materi statistika yang telah dikembangkan memiliki dampak terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukan bahwa LKS yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, Realistic Mathematics Education (RME), Statistika, serta model ADDIE
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 08:20 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 08:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63052 |
Actions (login required)
View Item |