ADEY FAJRI DWIPUTRA, - (2022) HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI SMAN 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB HASIL)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
||
|
Text
SKRIPSI ADEY.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI SMAN 14 PEKANBARU Oleh: Adey Fajri Dwiputra Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying pada siswa kelas XI SMA N 14 Pekanbaru. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying pada siswa kelas XI SMA N 14 Pekanbaru. Subjek penelitian ini berjumlah 166 siswa yang ditentukan dengan teknik probability sampling. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku bullying yang diadaptasi dari Yasmin Nadhifa (2018) yang menggunakan teori Olweus Bully/Victim Questionnaire (OBVQ) yang dikembangkan oleh Gonçalves (2016), skala konformitas teman sebaya yang diadaptasi dari Sih Utami Sri Hartati (2013) yang disusun berdasarkan bentuk konformitas yang dikemukakan oleh Myers (dalam Tis’ina & Suroso 2015). Berdasarkan analisis product moment, ditemukan adanya hubungan yang positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying pada siswa kelas XI SMA N 14 Pekanbaru dengan koefisien korelasi sebesar 0,153 dengan tarif signifikansi 0,025 (P≤0,05). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian perilaku bullying dapat dipengaruhi oleh konformitas teman sebaya. Kata Kunci :Konformitas Teman Sebaya, Perilaku Bullying
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 02:51 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 02:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62972 |
Actions (login required)
View Item |