Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 4 Tualang

Yola Septa Loka,, - (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 4 Tualang. Skripsi thesis, DEKAN FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGA KECULI BAB IV.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yola Septa Loka, (2022): Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 4 Tualang Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Tualang pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah validator dan peserta didik kelas VIII SMPN 4 Tualang. Objek Penelitian ini adalah RPP dan LKPD berbasis pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan soal tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan lembar tes hasil belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas RPP dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 88,77%, uji validitas LKPD berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 90,80%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 82,86% , dan sangat praktis untuk kelompok terbatas dengan persentase 85,12%. Hal tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Selannjutnya untuk efektifitas diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:50
Last Modified: 29 Jul 2022 03:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62781

Actions (login required)

View Item View Item