Dewi Murni (2014) PENERAPAN STRATEGI MENINJAU KESULITAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 015 PALUNG RAYA KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (33kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi kenampakkan alam dan buatan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dengan penerapan strategi meninjau kesulitan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, hal ini terlihat dari sulitnya siswa untuk menjawab soal ulangan dengan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan strategi meninjau kesulitan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi kenampakkan alam dan buatan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang, yang terdiri atas 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi meninjau kesulitan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi meninjau kesulitan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi kenampakan alam dan buatan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya mencapai 11 orang (50%) siswa, Ketuntasan hasil belajar siswa pada sebelum tindakan hanya mencapai 14 orang (56%) siswa yang tuntas, dan 11 orang siswa (44%) belum tuntas. Setelah ada tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 18 orang (72%) siswa yang tuntas, dan 7 orang siswa (28%) belum tuntas. Pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 84% atau sekitar 21 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 06:25 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 06:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6245 |
Actions (login required)
View Item |