Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 45 PEKANBARU DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM SOLVING

Murwanto (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 45 PEKANBARU DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM SOLVING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 45 Pekanbaru dengan Menggunakan Strategi Problem Solving. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Matematika, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah KKM yang sudah ditetapkan sekolah. Rumusan masalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah penggunaan strategi Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 45 Pekanbaru? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 45 Pekanbaru. Instrument dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematka siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada dua yaitu yang pertama aktivitas Guru dan Siswa kemudian yang kedua hasil belajar dengan menganalisa ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan diperoleh 37.1% dengan kategori ”Tidak Baik”. Setelah diterapkan strategi Problem Solving pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasan 62.9% dengan kategori ”Cukup”. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan 91.4% dengan kategori ”Baik” dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 45 Pekanbaru. . Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Strategi Problem Solving

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:57
Last Modified: 05 Aug 2016 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6232

Actions (login required)

View Item View Item