Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI HUMAN FACTORS DALAM REDESAIN LEMARI BUKU PERPUSTAKAAN PENYANDANG TUNANETRA MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (EFD) (Studi Kasus: SLB Negeri Pembina Pekanbaru)

Elsa Safira, - (2022) EVALUASI HUMAN FACTORS DALAM REDESAIN LEMARI BUKU PERPUSTAKAAN PENYANDANG TUNANETRA MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (EFD) (Studi Kasus: SLB Negeri Pembina Pekanbaru). Evaluation of Human Factors in Redesigning Library Bookshelves for The Blind Using The Ergonomic Function Deployment (EFD) Method. ISSN 2169-8767 (In Press)

[img]
Preview
Text
REPORSITORY ELSA SAFIRA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seriring dengan perkembangan zaman, keinginan dan permintaan manusia akan produk yang berkualitas dan sesuai dengan fungsinya semakin meningkat. SLB Negeri Pembina Pekanbaru merupakan sekolah yang menangani para siswa dengan keterbatasan mental, fisik dan intelektual atau disebut juga disabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari peneliti sebelumnya yang bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan perbaikan dari rancangan sebelumnya, wawancara terbuka dilakukan kepada pihak yang terlibat, yakni pegawai dan staff SLB Negeri Pembina Pekanbaru yang berjumlah 3 orang. Hasil wawancara menunjukkan bahwasanya rancangan lemari tunanetra dari peneliti sebelumnya memiliki beberapa kekurangan, seperti huruf braille yang belum sesuai dengan ukuran antropometri siswa, material yang berat menyebabkan produk susah untuk dipindahkan dan konsep desain yang belum user friendly sehingga dengan adanya kesulitan tersebut, siswa masih membutuhkan pertolongan guru dalam pengambilan buku. Metode Ergonomic Function Development digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mengidentifikasi kriteria kebutuhan dan dimensi produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian ini menggambarkan 4 konsep desain yang selanjutnya akan dilakukan tahap penyaringan dan penilaian konsep, hasil penyaringan dan penilaian konsep memberikan konsep 2 sebagai konsep terpilih yang memiliki keunggulan, yakni pengguna lebih mudah menggunakan lemari, penyusunan buku lebih terstruktur dan tampilan minimalis.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:28
Last Modified: 27 Jul 2022 05:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62160

Actions (login required)

View Item View Item