Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SHARE ONE GET ONE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 TANJUNG SIMPANG KECAMATAN PELANGIRAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Ismail (2014) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SHARE ONE GET ONE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 TANJUNG SIMPANG KECAMATAN PELANGIRAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir melalui teknik pembelajaran share one get one. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah teknik pembelajaran share one get one dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 26 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran share one get one untuk meningkatkan hasil siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berhasilnya penerapan teknik pembelajaran share one get one pada mata pelajaran PKn, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Hal ini terlihat bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat dari 46,15% atau mencapai 12 orang siswa yang tuntas pada sebelum tindakan, pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 84,64% atau sekitar 22 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan teknik pembelajaran share one get one dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:04
Last Modified: 05 Aug 2016 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6214

Actions (login required)

View Item View Item