REZKI KURNIAWAN PUTRA, - (2022) PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING DENGAN LMS MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI SMA NEGERI 1 RENGAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sutan Syarif Kasim Riau.
|
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali bab IV dan V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
File hasil penelitian ( bab IV dan V).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
E-Learning (Electronic learning) merupakan salah satu sarana pembelajaran yang menggunakan media elektronik. Dengan adanya e-learning maka siswa akan lebih aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang serta mengimplementasikan e-learning menggunakan LMS Moodle untuk membantu meningkatkan kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Rengat. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode waterfall (air terjun), yang dimulai dari perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, dan pemeliharaan. Perancangan sistem menggunakan use case diagram. Software yang digunakan dalam perancangan ini yaitu moodle 3.9. E-Learning yang telah dirancang kemudian diimplementasikan dan dilakukan pengujian terhadap sistem tersebut. pengujian dilakukan dengan menggunakan kuesioner Sistem Usability Scale (SUS). Responden dalam penelitian ini yaitu user e-learning (guru dan siswa). Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu stratified random sampling, dengan jumlah responden 92 orang. Berdasarkan perhitungan kuesioner SUS terhadap e-learning SMAN 1 Rengat, didapatkan hasil akhir yaitu 70,22 dengan huruf B. dengan demikian disimpulkan bahwa e-learning tersebut dapat digunakan dengan baik dalam membantu kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Rengat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 03:23 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 03:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61479 |
Actions (login required)
View Item |