Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PEKANBARU

IRUL NISA, - (2022) PENGARUH METODE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)

Abstract

IRUL NISA (2022) : PENGARUH METODE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi think talk write terhadap kemampuan menulis teks naskah drama siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Pekanbaru. Hal ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis teks naskah drama siswa yang masih rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dua indikator variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) yaitu pengaruh strategi think talk write dan variabel terikat (Y) yaitu kemampuan menulis teks naskah drama siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental dengan desain pretest-posttest control design. Sampel penelitian terdiri dari 43 orang siswa. Adapun indikator penilaian naskah drama meliputi keselarasan isi dan tema, pengembangan latar, kreatifitas dialog dan menentukan amanat cerita. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yang berbeda antara kelas yang menggunakan startegi pembelajaran dan kelas yang tidak menggukan model pembelajaran. Dilihat dari keseluruhan indikator penilaian, ada satu indikator yang masih memperoleh skor rendah yaitu indikator kreatifitas dialog. Indikator ini penulis dituntut untuk menggunakan bahasa yang komunikatif. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan adanya pengaruh positif metode pembelajaran think talk write terhadap pembelajaran menulis teks drama siswa kelas. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran think talk write mempengaruhi kemampuan menulis naskah drama siswa dan dapat digunakan dalam pembelajaran materi naskah drama. Kata Kunci : Metode Think Talk Write, Kemampuan Menulis, Teks Naskah Drama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:46
Last Modified: 19 Jul 2022 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61299

Actions (login required)

View Item View Item