Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU DI KELAS III SDN 018 KASIKAN KECAMATAN TAPUNG HULUKABUPATEN KAMPAR

SITI AWALIAH, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU DI KELAS III SDN 018 KASIKAN KECAMATAN TAPUNG HULUKABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI AWALIAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Awaliah, (2022): Penerapan Model Make a Match untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Tema Kewajiban dan Hakku di Kelas III SDN 018 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama siswa pada tema kewajiban dan hakku melalui model pembelajaran make a match di kelas III SDN 018 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Kemampuan kerjasama merupakan salah satu indikator kompetensi inti aspek sosial yang harus dikembangkan pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 18 orang siswa, dan objeknya adalah model pemelajaran make a match dan kemampuan kerjasama. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kerjasama sswa. Sebelum tindakan perbaikan dilakukan presentase kemampuan kerjasama siswa hanya 41% atau berada pada kategori kurang. Kemudian setelah model pembelajaran make a match dilakukan, pada siklus I pertemuan pertama persentasinya naik menjadi 66% dan pada pertemuan kedua naik lagi menjadi 75%. Kemudian pada siklus II pertemuan ketiga kemampuan kerjasama siswa juga meningkat menjadi 82% dan pada pertemuan keempat persentasenya dua mencapai 90 % atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada tema kewajiban dan hakku di Kelas III SDN 018 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Kata kunci: Kemampuan kerja sama, Model Pembelajaran Make A Match

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:35
Last Modified: 18 Jul 2022 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61295

Actions (login required)

View Item View Item