PUTRI NINGSIH, - (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Putri Ningsih (2022): Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku belajar siswa pada mata pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terdapat siswa yang mengakses media sosial ditengah kegiatan pembelajaran yang tidak ada kaitannya dengan pembelajaran, dan masih terdapat siswa yang tidak memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS yang berjumlah 152 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 110 orang. Teknik Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI jurusan IPS. Objek penelitian ini yaitu penggunaan media sosial dan perilaku belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial di SMAN 5 Pekanbaru tergolong baik yaitu 78,97%, sedangkan Perilaku belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 5 Pekanbaru tergolong cukup baik dengan rata-rata 54,29%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial terhadap perilaku belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 5 Pekanbaru. Hasil ini terbukti pada perbandingan rhitung dengan rtabel didapati bahwa rhitung lebih besar dari rtabel baik untuk kesalahan 5% maupun 1% (0,189,245). Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Konstribusi pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku belajar siswa sebesar 27% sedangkan sisanya (100% - 27% = 73%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Penggunaan Media Sosial, Perilaku Belajar, Ekonomi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 08:00 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 08:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61213 |
Actions (login required)
View Item |