SRI RAHMAYONA, - (2022) STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI OLAHRAGA PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
||
|
Text
SKRIPSI SRI RAHMAYONA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sri Rahmayona, (2022): Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa di SMA Negeri Provinsi Riau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi guru bimbingan konseling dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa di SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau. (2) Faktor yang mempengaruhi strategi guru bimbingan konseling dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa di SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.. Informan utama penelitian adalah 2 orang guru bimbingan konseling dan informan pendukung adalah 5 orang siswa SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau. Objek penelitiannya adalah strategi guru bimbingan konseling dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tanggung jawab belajar siswa di SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau cukup bagus, hanya terdapat beberapa siswa yang memiliki tanggung jawab belajar yang masih rendah, penyebabnya adalah kelelahan fisik yang disebabkan banyaknya kegiatan siswa, sehingga siswa sering menunda tugas yang diberikan oleh guru. 2) strategi guru bimbingan konseling dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau adalah guru bimbingan konseling melakukan pendekatan kepada siswa, memberi motivasi kepada siswa, merencanakan layanan bimbingan konseling, diantaranya: layanan konseling kelompok, layanan konseling individual, layanan informasi. 3) faktor yang mempengaruhi strategi guru bimbingan konseling dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa di SMA Negeri Olahraga adalah (a) faktor pendukung yaitu latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling, pengalaman guru bimbingan konseling, adanya kerjasama dengan guru mata pelajaran dan wali kelas (b) faktor penghambat yaitu kurang nyamananya ruang konseling karena tidak tersedianya ruangan khusus konseling individual, terbatasnya waktu untuk melakukan layanan bimbingan konseling, siswa yang tidak memiliki keterbukaan dalam menceritakan permasalahannya. Kata kunci: Strategi guru bimbingan konseling, tanggung jawab belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 03:30 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 03:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60848 |
Actions (login required)
View Item |