Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 TELUK KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

WILTRI OKTAVIANI, - (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 TELUK KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Wiltri Oktaviani, (2022) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Non-equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang belajar ekonomi di SMAN 1 Teluk Kuantan yang berjumlah 140. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa IPS kelas X SMAN 1 Teluk Kuantan yang berjumlah 60 siswa, terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling dengan pertimbangan nilai rata-rata hasil ujian tengah semester kelas mendekati sama. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa kelas X SMAN 1 Teluk Kuantan, sedangkan objek pada penelitian ini adalah proses pelaksanaan penerapan model pembelajaran flipped classroom sebagai usaha untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Teluk Kuantan dengan thitung > ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (2,001<2,965>2,663) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji effect size menunjukan besaran pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Teluk Kuantan adalah sebesar 0,78 tergolong sedang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Flipped Classroom, Keterampilan Berpikir Kritis vii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:31
Last Modified: 04 Jul 2022 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60817

Actions (login required)

View Item View Item