Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 031 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

ALMAR ATUSSHOLIHA OKTAVIA, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 031 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Almar Atussholiha Oktavia, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compositio nuntuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensifpada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 031 Tarai BangunKecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca intensif siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative integrated pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 031 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and compositionuntuk meningkatkan keterampilan membaca intensif. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase.Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model cooperative integrated reading and compositiondapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa.Sebelum tindakan keterampilan membaca intensif siswa hanya mencapai 53,75% dengan kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I keterampilan membaca intensif siswa mencapai 67,75% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II keterampilan membaca intensif siswa meningkat menjadi 79,75% dengan kategori baik. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and compositiondapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Negeri 031 Tarai BangunKecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Cooperative Integrated Reading and Composition, Keterampilan Membaca Intensif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:50
Last Modified: 29 Jun 2022 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60746

Actions (login required)

View Item View Item