ANGGI SAMSURI, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BUNUT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Anggi Samsuri, (2022): Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Bunut Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Bunut. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di Sekolah SMAN 1 Bunut . Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Non-equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang belajar ekonomi di Sekolah SMAN 1 Bunut yang berjumlah 120. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI Sekolah SMAN 1 Bunut yang berjumlah 60 siswa, terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling dengan pertimbangan nilai rata-rata hasil pretest kelas mendekati sama. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa kelas XI Sekolah SMAN 1 Bunut, sedangkan objek pada penelitian ini adalah proses pelaksanaan penerapan model pembelajaran problem posing sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Sekolah SMAN I Bunut. dengan thitung > ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (2,001< 2,206 >2,663), dan nilai sig. <0,05 (0,031<0,05) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji effect size menunjukan besaran pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Bunut adalah sebesar tergolong 0,568 sedang. Kata kunci : Problem Posing, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 03:23 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 03:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60397 |
Actions (login required)
View Item |